Sistem Pemberi Pakan Lobster Otomatis Menggunakan Pendeteksian Frekuensi Suara Berbasis Internet of Things

Sebuah sistem pemberi pakan udang secara otomatis dengan memanfaatkan pendeteksian frekuensi dalam keadaan lapar yang dibuat agar dapat mengefektifkan peternak udang dalam memberi pakan dan meningkatkan kualitas budidaya udang
/
 5/5 (4)
Sistem Pemberi Pakan Lobster Otomatis Menggunakan Pendeteksian Frekuensi Suara Berbasis Internet of Things

Penjelasan :

Pemberian pakan dan kualitas air dalam budidaya udang merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan kualitas udang. Pemberian pakan udang masih dilakukan secara manual oleh peternak budidaya udang tanpa mengetahui pakan yang dilontarkan telah cukup atau tidak, karena apabila pakan telah mencukupi dan pakan tersebut dilontarkan kedalam tambak udang akan merusak kualitas lingkungan seperti kualitas air dan kesedahan air. Tugas akhir ini dibuat selain untuk meningkatkan kualitas budidaya udang, juga dibuat agar bisa mengefektifkan peternak udang dalam memberi pakan udang secara otomatis yaitu dengan cara memanfaatkan pendeteksian frekuensi dalam keadaan lapar.

Prinsip kerja alat ini yaitu, sistem akan memberi pakan udang secara otomatis dengan cara memanfaatkan pendeteksian frekuensi udang dalam keadaan lapar. Untuk frekuensi yang dikeluarkan oleh udang saat lapar adalah 50 Hz sampai 2000 Hz. Frekuensi tersebut dideteksi menggunakan sensor Hydrophone yaitu sensor yang berfungsi mendeteksi frekuensi di dalam air dan bisa melakukan pendeteksian udang yang lapar. Pada saat sensor membaca nilai frekuensi keadaan udang lapar maka mikrokontroler akan memerintahkan motor untuk membuka wadah pakan. Ketersediaan pakan yang berada di dalam wadah tersebut dikontrol menggunakan sensor ultrasonik yang akan dikirimkan ke mikrokontroler untuk diolah datanya agar bisa dihasilkan data pemantauan ketersediaan pakan dan data-data tersebut akan disimpan di cloud karena sudah terkoneksi dengan modul wifi. Untuk memonitoring keadaan udang dan ketersediaan pakan yang berada di dalam wadah bisa dilakukan dengan jarak jauh melalui smartphone berbasis IoT (Internet Of Things). Pada saat pendeteksian frekuensi berada diantara rentan nilai 50-2000 Hz maka wadah pakan akan terbuka, dan apabila frekuensi <50 Hz maka wadah pakan akan selalu tertutup.

Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Foto Dokumentasi Alat

Beri Rating

LO : Erlangga Rio Aditia

Komentar