KOLAM IKAN PINTAR UNTUK BUDIDAYA IKAN NILA MENGGUNAKAN APLIKASI SELULER

Pada kolam budidaya ikan nila yang berkaitan dengan level air, kekeruhan air, suhu, oksigen terlarut, amonia dan derajat keasaman.
Belum ada rating.
KOLAM IKAN PINTAR UNTUK BUDIDAYA IKAN NILA MENGGUNAKAN APLIKASI SELULER

Penjelasan :

Dalam melakukan budidaya ikan nila terdapat standar pada kolam budidaya ikan nila yang berkaitan dengan level air, kekeruhan air, suhu, oksigen terlarut, amonia dan derajat keasaman. Dengan level air yang minimum 30 cm, kekeruhan air dibawah 50 NTU, derajat keasaman pada rentang 6,5 sampai 8,5, suhu berada pada rentang 23℃ sampai dengan 30℃, oksigen terlarut harus lebih dari 5 mg/l, dan Amonia (NH3) kurang dari 0,02mg/l.

Pada penyelesaian masalah ini diambil terkait level air, kekeruhan air, dan derajat keasaman. Dalam mempertahankan kondisi kekeruhan di bawah 50 NTU maka sensor kekeruhan digunakan untuk mendeteksi kekeruhan air untuk menentukan aliran air. Ketika kekeruhan berada di bawah 50 NTU maka air akan mengalir menuju filter. Ketika air kolam melebihi 50 NTU maka air akan melakukan proses pengurasan pada air kolam sebanyak 30% dari volume air kolam tersebut. Untuk menjaga agar level air berada pada minimum 30 cm maka sensor ultrasonik digunakan untuk mendeteksi level air kolam ikan. Saat kolam air ikan level air berada di bawah ambang batas normal (<30 cm) maka solenoid valve level air akan membuka dan menutup kembali ketika level air sesuai. Dan untuk memantau agar derajat keasaman berada pada rentang 6,5 sampai dengan 8,5 maka diberikan peringatan berupa buzzer ketika tidak berada pada rentang tersebut. Sistem ini terhubung dengan wifi untuk mendapat akses internet sehingga alat ini dapat di akses secara jarak jauh melalui gawai. Pada aplikasi gawai hanya meliputi data pembacaan sensor pH, kekeruhan air, level air, serta setiap mode filter dan pengurasan yang sedang dilakukan oleh alat.

Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Foto Dokumentasi Alat
Video Dokumentasi Alat

Beri Rating

LO : Revi Lestari

Komentar