IMPLEMENTASI LOW POWER SENSOR NODE DALAM SISTEM KEAMANAN LUAR RUANGAN MENGGUNAKAN WSN (WIRELESSSENSOR NETWORK)

suatu alat yang dapat mendeteksi adanya orang yang ingin memasuki tenda kita meskipun kita berada cukup jauh dengan tenda kita, dengan konsumsi daya yang rendah.
Andika Budiman / 181311037
 5/5 (1)
IMPLEMENTASI LOW POWER SENSOR NODE DALAM SISTEM KEAMANAN LUAR RUANGAN MENGGUNAKAN WSN (WIRELESSSENSOR NETWORK)

Penjelasan :

Kehilangan barang bawaan saat berkemah sudah sering terjadi. Hal ini terkadang dipicu karena kurangnya perhatian terhadap barang bawaan kita. Disamping itu pada saat kita berkemah terkadang kita sulit untuk menemukan sumber listrik untuk mengisi ulang daya alat-alat elektronik yang kita bawa. Pada Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat suatu alat yang dapat mendeteksi adanya orang yang ingin memasuki tenda kita meskipun kita berada cukup jauh dengan tenda kita, dengan konsumsi daya yang rendah.

Digunakanlah mekanisme Wireless Sensor Network yang dimana sensor inframerah dipilih sebagai sensor untuk mendeteksi adanya suatu ancaman yang berada dekat dengan tenda. Untuk merealisasikan konsumsi daya yang rendah digunakanlah sleep mode pada sensor node. Sedangkan untuk modul komunikasinya sendiri menggunakan modul RF433 yang dimana pemilihan modul komunikasi ini didasari oleh cukup jauh nya jangkauan dari modul ini serta memiliki konsumsi daya yang rendah. Agar konsumsi daya dari sensor node dapat lebih kecil lagi, maka digunakanlah modul mikrokontroler ATmega168 yang dimana modul tersebut dapat dikatakan memiliki konsumsi daya paling rendah diantara modul yang lain. Ketika sensor node mendeteksi adanya ancaman maka sensor node akan langsung mengirimkan sinyal ke gateway. Pada gateway sendiri terdapat indikator yaitu LED dan Buzzer, ketika sinyal diterima oleh gateway maka indikator pada gateway akan menyala.

Berdasarkan hasil pengujian didapati bahwa sensor node yang menggunakan sleep mode memiliki presentase penghematan sebesar 37,41% pada saat sensor node tidak mendeteksi adanya halangan, sedangkan pada saat mendeteksi adanya halangan didapati presentase penghematan sebesar 22,59%. Dengan jangkauan pengiriman yang stabil sejauh 50m.

Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Foto Dokumentasi Alat
Video Dokumentasi Alat

Beri Rating

LO : Febryan Rizky Adhari

Komentar