EKSTRAKSI DATA PADA CITRA KTP-el SECARA OTOMATIS DENGAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK

Pengekstrasian data pada citra foto KTP  dengan input berupa citra KTP yang berada pada data di/pada laptop
Belum ada rating.
EKSTRAKSI DATA PADA CITRA KTP-el SECARA OTOMATIS DENGAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK

Penjelasan :

Suatu sistem atau aplikasi untuk mengekstrasi data pada citra foto KTP  dengan input berupa citra KTP yang berada pada laptop, citra KTP yang digunakan adalah citra yang ada pada laptop atau sudah tersimpan pada laptop bukan citra yang diambil secara real time menggunakan camera webcam ataupun camera laptop. Dalam pengaplikasian ekstrasi data tersebut digunakan create user interface untuk menampilkan atau menjalankan sistem yang sudah dibuat.

Terdapat 5 kolom teks box yang berfungsi untuk menampilkan kode-kode yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu, pada kolom tersebut terdapat kode agama, kode status perkawinan, kode pekerjaan, kode hubungan keluarga, dan kode pendidikan yang mana ini diperlukan untuk pembukuan tertentu. Lalu terdapat frame box yang berisikan label-label dan teks box lainnya yang nantinya akan memunculkan hasil ekstrasi data yang dinyatakan dari citra KTP. Selanjutnya terdapat frame box untuk menampilkan citra input yang digunakan, terdapat 4 buah push button yang mana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda yang pertama ada pilih file gambar untuk memilih file input citra KTP yang akan digunakan, selanjutnya terdapat push button baca gambar untuk memulasikan ektrasi data pada citra KTP yang digunakan, selanjutnya ada simpan pada excel yang mana ini berfungsi untuk menyimpan data hasil ekstraksi pada excel, yang terakhir ada push button riset untuk meriset sistem kembali ke awal.

Untuk mendemonstrasikan langkah pertama adalah tekan atau pilih file gambar lalu arahkan pada direktori foto KTP yang akan digunakan, lalu pilih baca gambar untuk mendapatkan hasil ekstrasksi data pada citra KTP, untuk proses ekstrasi tersebut menggunakan convolution neural network dengan teknologi OCR atau Optical Character Recognition yang mana teknologi tersebut memungkinkan untuk mengenali karakter-karakter pada citra KTP berupa angka, huruf, dan tanda baca.

Dengan secara otomatis kolom teks box ini sudah terisi data pada citra KTP seperti nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin dan lainnya. Lalu pada data agama, perkawinan serta pekerjaan diubah kedalam suatu kode untuk keperluan tertentu, yang mana kode tersebut bisa dilihat pada keterangan kode. Pada tabel hubungan keluarga diisi secara manual karena data hubungan keluarga tidak tercantum pada KTP, contoh jika istri diisikan no 2 dalam kode hubungan keluarga pada keterangan kode, begitupun juga pada kode Pendidikan. Setelah mendapatkan data pada Ekstrasi data, file akan disimpan dan menjadi fie excel dengan cara tekan button simpan pada excel, setelah tersimpan pada excel sistem akan mereset data untuk kembali ke tampilan awal.

Untuk melihat hasil data yang terekstrasi pada excel yang terdapat pada directory aplikasi berada, seperti sebelumnya yang sudah dilakukan hasil percobaan pada hasil pembacaan 1-3, untuk data yang terakhir terdapat pada hasil pembacaan 4. Data yang telah terekstrasi sebelumnya sudah tersaji kedalam excel pada kolom 4 dan keterangannya pada kolom 5, selanjutnya bagaimana button (tombol) reset berfungsi, pilih file gambar. Jika kita salah pilih gambar, maka sebelum kita membaca gambar kitab isa menekan tombol reset, untuk kembali memilih file pada gambar.

Gambar Alat
Gambar Alat
Gambar Alat
Foto Dokumentasi Alat
Video Dokumentasi Alat

Beri Rating

LO : Angga Kertandhika

Komentar