LINEAR QUADRATIC STOCHASTIC CONTROL DENGAN MARKOV CHAIN

Sebuah Alat Untuk Mengatasi Random Delay Pada Sistem Kendali Berjaringan
 5/5 (1)
LINEAR QUADRATIC STOCHASTIC CONTROL DENGAN MARKOV CHAIN

Penjelasan :

Linear Quadratic Stochastic dengan Markov Chain merupakan metode untuk menyelesaikan masalah random delay dengan cara memprediksi nilai time sampling selanjutnya. Nilai time sampling hasil prediksi digunakan untuk mengubah nilai Kint agar adaptive dan sesuai dengan nilai time sampling terukur dan time sampling hasil prediksi. Pertama dilakukan tuning pada Kint untuk setiap range time sampling sehingga didapatkan set pasangan delay dan Kint untuk setiap range time sampling tertentu. Selanjutnya, untuk setiap nilai Kint time sampling terukur (Kint_t) dan Kint time sampling terprediksi oleh Stochastic proses (Kint_t+1) dilakukan pembobotan dengan rumus Kint = a* Kint_t + b* Kint_t+1.

Hasil pengujian prediksi dari time sampling pada algoritma markov chain adalah sebesar 32%.  Hasil implementasi menunjukkan bahwa, Overshoot, dan settling time dari respon dengan variabel Kint dengan pembobotan dan tanpa pembobotan menghasilkan respon lebih baik dibandingkan dengan Kint tetap. Perbedaan overshoot yaitu pada selang 0,9% sampai dengan 14,88%. Sedangkan untuk settling time berbeda 100,39s sampai dengan 203,54s. Kint dengan pembobotan variabel a > b memiliki rise time lebih lama dibandingkan dengan tanpa pembobotan dan Kint tetap, yaitu berbeda 175,62s sampai dengan 241,85s.

Cara kerja dari struktur kendali yang dibuat yaitu mula-mula SV akan masuk kedalam blok summing dan di kurangkan dengan nilai output y (feedback). Lalu, hasil Summing masuk kedalam blok integral dan blok Kint. Ini akan di kurangkan dengan nilai K dari parameter kendali LQR. Hasil dari summing antara nilai Kint dan K LQR ini akan menjadi input kedalam blok state observer. Kemudian, hasil Output y (feedback) akan menjadi input dari stochastic dan output dari stochastic ini akan menjadi input Kint, sehingga nilai dari Kint tidak tetap (berubah-ubah).

Gambar Alat
Gambar Alat
Foto Dokumentasi Alat
Video Dokumentasi Alat

Beri Rating

LO : Yogi Dwi Saputri

Komentar